Perbedaan Marketing vs Advertising
Anda mungkin sering menemukan banyak orang sulit
membedakan antara marketing dengan advertising atau sebaliknya. Walaupun kedua
ilmu tersebut sama-sama penting, tapi sangatlah berbeda. Jika Anda memahami
perbedaannya dan rajin melakukan riset maka perusahaan sudah berada dalam jalur
yang tepat untuk bertumbuh.
Mari kita mulai
dengan meneliti definisi formal dari keduanya, lalu kita telusuri lebih lanjut
bagaimana marketing berbeda dengan advertising.
Advertising
Suatu pengumuman
atau pesan persuasif berbayar, publik dan non-personal oleh suatu sponsor yang
jelas. Bisa juga diartikan suatu presentasi atau promosi non-personal yang
dilakukan oleh suatu perusahaan untuk suatu produknya, yang ditujukan untuk
semua pelanggan atau calon pelanggannya.
Marketing
Suatu perencanaan,
implementasi, dan kendali sistematik dari sekelompok aktivitas bisnis, yang
bertujuan untuk menyatukan semua pembeli dan penjual yang terlibat dalam suatu
interaksi yang sama-sama menguntungkan.
Setelah membaca
kedua definisi tersebut, maka mudah untuk mengerti bagaimana perbedaannya, dan
mengapa bisa membingungkan sehingga banyak orang menganggapnya sama. Jadi coba
kita uraikan lagi sedikit demi sedikit.
Advertising
hanyalah satu bagian dari suatu proses marketing. Bagian tersebut adalah bagian
yang mencakup aktivitas penyampaian pesan yang menyangkut bisnis, produk, atau
jasa yang ditawarkan perusahaan. Semua itu juga mencakup proses pengembangan
strategi seperti placement, frekuensi penayangan, dan lain-lain.
Advertising
mencakup placement atau penempatan suatu iklan dalam macam-macam media seperti
koran, direct mail, billboard, televisi, radio, dan Internet. Advertising
adalah bagian yang paling banyak memakan budget dari kebanyakan aktivitas
marketing. Bagian PR mungkin adalah yang kedua memakan budget terbesar, yang
bersaing ketat dengan riset marketing.
Cara terbaik untuk
membedakan antara advertising dan marketing adalah mengumpamakan marketing
sebagai sebuah kue, dimana di dalam kue marketing tersebut terdapat irisan
advertising, riset, media planning, PR, product pricing, distribusi, customer
support, strategi penjualan, serta komunitas. Advertising hanya bagian dari
marketing. Semua bagian tersebut harus bekerjasama dan tidak bisa berdiri
sendiri-sendiri untuk mencapai tujuan secara keseluruhan.
Marketing adalah
suatu proses yang butuh waktu dan menghabiskan banyak waktu untuk riset dan
implementasi marketing plan supaya bisa menjadi efektif. Marketing adalah
segala sesuatu yang diperbuat perusahaan untuk memfasilitasi segala interaksi
yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen atau pelanggannya.
0 comments:
Post a Comment