Mana yang Lebih Bagus untuk Bisnis, Facebook atau Twitter?
Pada dasarnya kita tidak bisa memberi label mana yang bagus dan mana yang tidak
secara general. Tetapi, lebih daripada itu, sesuaikan dengan jenis bisnis Anda.
Ada dua tipe campaign/pendekatan-pendekatan pemasaran, yakni:
- Brand Awareness (Daya ingat konsumen atau calon konsumen tentang produk kita)
- Brand Engagement (Proses pembentukan hubungan emosional dan rasional, antara pelanggan dengan brand.)
Atau bisa pula gabungan keduanya jika Anda mau dan
memang membutuhkan. Namun ada beberapa kelebihan Twitter yang patut Anda
pertimbangkan saat ini:
- Pertumbuhan Twitter yang semakin cepat dibandingkan dengan Facebook.
- Anda bisa menggunakan public figure / influencer untuk membantu penjualan Anda. Memang Facebook sekarang menghadirkan fitur Fanpage untuk para public figure ini namun kebanyakan public figure lebih sering meng-update di Twitter.
- Anda akan mendapatkan lebih dari sekadar Like. Sebagaimana telah disinggung di poin mengenai Twitter tadi, memberi Like berarti hanya antara Anda dan follower namun melakukan Retweet atau mention, itu berarti peluang follower dari follower Anda tahu mengenai bisnis Anda akan lebih besar.
- Lebih cepat untuk tahu seberapa efektif informasi yang Anda berikan pada follower.
Sebagai tambahan, apakah Anda menggunakan Facebook
atau Twitter, berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin meningkatkan
konversi:
- Iklan yang menarik, Sekarang ini, brand yang dianggap lebih ‘humanis’ karena hadir dengan konsep yang lebih menarik – jauh lebih diperhatikan. Maka dari itu, konsep soft-selling yang hadir dengan konsep iklan yang kreatif lebih disukai ketimbang hard-selling.
- Manajemen reputasi, Yap! Brand Anda akan lebih cepat menyebar di social media, ini karena sebagian besar netizen menghabiskan waktu di social media. Namun, Anda ingin reputasi yang menyebar seperti apa? Baik atau buruk? Oleh karena itu, manajemen reputasi yang baik lewat interaksi yang baik – hendaknya dimasukkan dalam daftar tugas Anda.
- Kelola secara profesional, Apa yang akan Anda bagikan, segala bentuk kreasi yang menarik, goal apa yang akan dicapai hendaknya dikelola secara profesional. Dengan begitu, Anda tidak membuang waktu dan tenaga karena ‘berinteraksi tanpa tujuan’.
Semoga informasi ini membantu Anda yang sedang akan
terjun ke social media untuk memperkenalkan dan mendekatkan diri pada customer.
0 comments:
Post a Comment