Perbandingan Facebook & Twitter
- Sisi Fitur
Untuk fitur umum facebook, yaitu
posting, upload foto, halaman dan group, serta chating. Sedangkan Twitter,
kecuali halaman dan chating. Hal lain yang sangat membedakan. Pada Facebook,
kita bisa mengetahui siapa yang online, sedangkan Twitter tidak. Dan masih
banyak fitur lain yang menunjukkan Facebook lebih unggul. Artinya, dari sisi
fitur pemenangnya adalah facebook.
- Sisi Tampilan
Sisi tampilan yang saya maksud,
adalah tampilan yang bisa menarik perhatian. Facebook dengan fitur yang lebih
dibanding twitter akhirnya juga menjadikan tampilan Facebook lebih dibanding
Twitter. Tak heran jika remaja lebih memilih Facebook daripada Twitter. Hal
lain, banyak addons yang bisa ditambahkan dalam browser yang bisa mempercantik
tampilan Facebook, dan tidak bagi Twitter. Akhirnya untuk tampilan, pemenangnya
adalah Facebook.
- Sisi Efektifitas Interaksi
Perbandingan Facebook dan Twitter sisi
interaksi, penilaian berdasarkan efektifitas. Facebook dengan tampilan cantik
dan wah, akhirnya menjadi lirikan para remaja. Ditambah lagi tag perintah dalam
form posting “apa yang anda pikirkan, akhirnya membuat facebook kurang efektif
dalam interaksi.
Beda dengan Twitter, tampilan simple
dengan tag perintah “apa yang terjadi” membuat kesan Twitter lebih serius. Tak
heran jika orang terkenal, tokoh, artis, politisi lebih memilih Twitter sebagai
media jejaring sosial. Akhirnya saya memutuskan dari sisi interaksi, Twitter
adalah pemenangnya.
- Sisi Efektifitas Bisnis
Sisi ini, keduanya memiliki
kelebihan. Tapi ada satu kekurangan sehingga Facebook kurang
diminati oleh advertiser, yaitu iklan yang tidak bisa muncul dalam versi
mobile. Beda dengan Twitter, iklan bisa juga muncul versi desktop dan mobile,
karena bentuk iklannya seperti tweet pada umumnya. Bukti lain, menjadi
advertiser di Twitter lebih mahal dibanding Facebook, namun tetap diminati
perusahaan besar nasional dan internasional. Maka untuk efektifitas bisnis,
pemenangnya adalah Twitter.
Dari enam sisi perbandingan Facebook
dan Twitter di atas, tentunya semua kembali kepada Anda sebagai pengguna.
Tujuan di jejaring sosial untuk apa. Anda yang menggunakan dan anda yang
merasakan.
0 comments:
Post a Comment