Mekanisme Transaksi E-Commerce
Kontak
online dalam e-commerce menurut Santiago cavanillas dan A. Martines Nadal,
seperti yang dikutip oleh Arsyad Sanusi memiliki banyak tipe dan variasi yaitu:
Chating dan video
conference adalah alat komunikasi yang disediakan oleh internet yang biasa
digunakan untuk dialog interaktif secara langsung. Disini konsumen mengobrol
langsung dengan produsen mengenai produk apa yang ia cari atau yang
diinginkannya. Disini produsen juga bisa mengetahui produk-produk seperti apa
yang diminati konsumen.
Kontrak melalui email
adalah salah satu kontrak online yang sangat popular karena pengguna email saat
ini sangat banyak dan mendunia dengan biaya yang sangat murah dan waktu
efesien. Hanya saja untuk e-mail kurang realtime, tidak seperti chat. Namun
hasilnya akan sama yaitu mengali informasi dari konsumen.
Kontrak melalui web dapat dilakukan
dengan cara situs web seorang supplier (baik yang beralokasi di server supplier
maupun diletakan pada server pihak ketiga) memiliki diskripsi produk atau jasa
dan satu seri halaman yang bersifat self-contraction, yaitu dapat digunakan untuk
membuat kontrak sendiri, yang memungkinkan pengunjung web untuk memesan produk
atau jasa tersebut. Seperti : tokopedia, olx dll.
Prinsip
mekanisme kerja e-commerce
mendistribusikan data atau informasi tersebut secara cepat dan efisien ke seluruh komponen bisnis yang membutuhkan
Secara
strategis ada 3 domain besar yang membentuk komunitas e-commerce, yaitu :
proses, institusi, dan teknologi.
Prinsip
e-commerce diterapkannya
0 comments:
Post a Comment